Wednesday, August 2, 2017

Dari B29 ke Bromo lewat jalur Ranupane

Akhir pekan lalu saat turun dari B29, di pertigaan Senduro saya melihat papan penunjuk arah ke Ranupane. Meskipun tujuan saya pulang ke Surabaya namun rasa penasaran membuat saya ingin mencoba melewati jalur tersebut.
Saya bertanya pada penduduk sekitar untuk mendapatkan sedikit informasi tentang jalur yang akan saya lalui..

Dari Senduro melewati desa Burno, sebuah desa yang asri dengan udara sejuk dan rumah-rumah warga nampak tertata rapi dan bersih. Selepas desa Burno pemandangan didominasi oleh rimbunnya pepohonan hutan lindung. Meskipun tidak terlalu lebar namun dengan kondisi aspal jalan yang mulus membuat saya benar-benar menikmati jalur ini..

Suasana jalur ini sempat saya abadikan melalui video yang mungkin akan bermanfaat sebagai gambaran bagi yang ingin melalui jalur tersebut..