Monday, February 3, 2014

PANTAI TIMANG - Gunung Kidul [3]

Salah satu tujuan kami touring ke Gunung Kidul adalah untuk mendatangi Pantai Timang ini, karena sesuai informasi yang saya dapat dari google disini terdapat kereta gantung atau gondola yang menghubungkan ke pulau Timang.
jalan bebatuan
Akses jalan menuju pantai timang cukup menantang bagi yang naik kendaraan. Berkelok-kelok  naik turun sebagian jalanan sudah berupa block cor namun sebagian besar lainnya masih berupa jalan setapak bebatuan. Rasanya amat sulit bagi kendaraan roda empat untuk bisa mencapai tempat ini kecuali bagi mereka yang benar-benar berniat untuk adventure, sangat tidak disarankan menggunakan mobil jenis sedan atau city car karena pasti akan merepotkan. Kami mengendarai motor Kawasaki Eliminator yang memang bukan diperuntukan medan seperti ini perlu perjuangan ekstra untuk dapat menaklukkan jalanan disini, bahkan sampai beberapa kali sang istri terpaksa harus turun dari motor dan berjalan kaki agar kendaraan mampu melaju di tanjakan atau turunan yang curam.

mendekati pantai jalan sudah berupa block cor




Namun saat mencapai bibir pantai perjuangan kami seolah terbayar dengan apa yang kami dapati, pemandangan yang luar biasa indah, pasir yang putih dengan lautan biru, suara ombak serta batu karang dengan warna dan teksture yang terlihat amat eksotis. Ketika kami naik ke atas bukit karang juga masih nampak beberapa bebatuan marmer yang alami.









batu marmer di bukit timang
Satu hal yang membuat kami sedikit kecewa adalah belum terlaksananya keinginan untuk menikmati kereta gantung karena sesuai keterangan dari nelayan sekitar saat itu cuaca tidak memungkinkan untuk mengoperasikan gondola.
Sekedar informasi, biaya gondola untuk menyeberang ke pulau timang sebesar 1,5jt rupiah untuk paket sepuluh orang, apabila hanya berdua maka biaya yang akan dikenakan sebesar 200rb per orang. Bagi kami biaya segitu tentu saja tidak murah namun bakalan sebanding dengan pengalaman serta sensasi yang didapat.., itupun jika cuaca sedang bersahabat...

gondola yang kami harapkan.. (*gambar dari google)

Video cuplikan perjalanan menuju Pantai Timang




bersambung kesini