Sunday, February 23, 2014

MEMILIH BUSI UNTUK MOTOR

Sekarang ini semakin banyak merk dan jenis busi yang ditawarkan mulai dari busi type standar, platinum, iridium, racing dll.., dengan semakin majunya teknologi tentu setiap produk memiliki spesifikasi dan keunggulan masing-masing.
Tentu saja hal ini dapat membingungkan para bikers yang kurang memahami persoalan teknis, busi apa yang cocok untuk motor kesayangannya, seperti yang saya rasakan ini..


Dengan penggunaan motor untuk harian dan sesekali digunakan juga untuk touring, saya sudah mencoba berbagai macam dan merk busi mulai dari yang standar, platinum, juga yang iridium. Namun rasanya kok tidak ada perbedaan yang signifikan (bisa jadi karena mesin standar yaa hehe..)

Dengan menggunakan dasar logika yang sederhana akhirnya saya dapat menentukan pilihan, daya hantar listrik dengan kemampuan yang baik adalah perak, tembaga, emas, platinum, iridium.
Oleh karena itu saya memilih busi yang elektrodanya murni tembaga (copper) semacam Autolite copper seharga 20rb, ada juga seh yang berelektroda perak semisal Nology Silver tetapi harganya minta ampuun bisa sepuluh kali lipatnya.. :)

Entah secara teknis pilihan ini benar atau tidak namun dengan kapasitas motor yang saya gunakan yakni Kawasaki Eliminator 175cc mesin standar rasanya sudah cukup enak menggunakan jenis busi ini baik untuk harian maupun untuk touring..