Friday, April 18, 2014

Rem Tromol Lebih Pakem

Pengereman adalah salah satu hal yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Beberapa motor masih banyak yang menggunakan sistim tromol untuk roda belakang, termasuk motor Kawasaki Eliminator tunggangan saya. Masalah yang timbul adalah rem belakang rasanya kurang pakem, terlebih saya mengaplikasi ban gambot ukuran 150/60 dengan velg lebar 4,5 inci.

Beberapa cara sudah saya coba untuk membuat rem lebih pakem misalnya dengan menggergaji silang pada kampas rem, hasilnya tidak membawa efek yang berarti bahkan kampas rem menjadi cepat aus..

Setelah mencari referensi dari berbagai tips para bikers akhirnya saya mencoba cara ini, yaitu..
- Rendam kampas rem dalam air beberapa lama sampai air meresap ke dalam kampas
- Keringkan dibawah terik panas matahari
- Oleskan sabun colek secukupnya pada kampas dan rumah tromol
- Pasang kembali
Hasilnya...??
Cukup signifikan rem tromol belakang motor saya kini menjadi lebih pakem..