Monday, August 25, 2014

PANTAI KLAYAR - Pacitan [4]

Karang Spinx hingga Seruling Laut - Pantai Klayar terletak di kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan berjarak 35 km dari pusat kota. Ada beberapa akses jalan untuk menuju pantai ini, dari barat bisa melalui Pracimantoro-Nampu-Banyutibo-Klayar, atau dari tengah melalui jalur Goa Gong - Klayar. Bisa juga dari arah timur menyisir jalur Pacitan-Srau-Watukarung-Klayar.
Apabila menggunakan kendaraan roda empat lebih baik melalui jalur Goa Gong karena akses jalannya cukup lebar dan beraspal mulus..
Keindahan pantai Klayar sangat sulit untuk diuraikan melalui kata-kata, untuk mengartikannya akan lebih mudah bila kita langsung mengunjunginya..
Hanya satu kata yang bisa saya sampaikan apabila ke Pacitan tidak mengunjungi Pantai Klayar adalah.., rugi.. :)

Fasilitas di Pantai Klayar bisa dikatakan cukup komplit, penginapan, resto, toilet, mushola sudah tersedia, area parkir kendaraan pun luas dan aman. Bahkan beberapa rumah warga di sekitar pantai juga menyediakan tempat untuk bermalam bagi pengunjung. Seperti yang saya lakukan pada saat mengunjungi tempat ini, saya menginap di rumah warga bernama bapak Udin yang juga memiliki stan souvenir di pantai serta beberapa unit kendaraan pantai ATV yang bisa disewa.


karang spinx




seruling laut







kamar tempat saya menginap di rumah bp.udin

'jagongan' bersama pemilik rumah (bersarung) dan beberapa warga