Monday, December 30, 2013

SOLO TOURING MENYISIR BALI

Hari Pertama (27/12/2013)
Perjalanan ini saya lakukan bersama "konco dolen" yaitu motor Kawasaki Eliminator BN175 keluaran tahun 2001, usia motor ini sudah lumayan berumur namun masih cukup handal untuk diajak touring.
Berangkat dari Surabaya jam 10 pagi melalui jalur utara, selama perjalanan cuaca sangat bersahabat, sampai di Ketapang kira-kira jam 5 sore.
jalur utama TN Baluran

pantai di ketapang

Penyeberangan menggunakan feri relatif lancar, meskipun menjelang tutup tahun namun antrian tidak begitu padat. Dengan rute yang sudah dd rencanakan sebelumnya maka tinggal mengatur waktu saja agar sebisa mungkin terhindar dari perjalanan malam hari karena saya ingin menikmati keindahan pemandangan pulau Bali. Namun untuk rute Gilimanuk-Denpasar terpaksa saya melakukan riding malam karena berniat bermalam di Denpasar sekaligus berkunjung rumah kawan. (thx for genk monangmaning : brad koko' sekeluarga)

Hari Kedua
Pagi saya melanjutkan perjalanan menuju Ubud-Gianyar-Klungkung-Amlapura (lewat Sidemen).
jalur Sidemen
Dari Amlapura saya tidak melalui jalan utama namun berputar menyisir perbukitan Seraya yang mana di sepanjang jalur ini kita dapat melihat kebawah berupa hamparan laut yang sangat indah

.Berlanjut ke Amed-Tulamben (terkenal sbg tempat diving)-Tejakula-Singaraja dan bermalam di kawasan Lovina.
jalur Tulamben-Singaraja
istirahat di kawasan Pura Pojok Batu

salah satu penginapan murah di Lovina
bertemu komunitas vespa

Hari Ketiga
Singaraja-Gilimanuk adalah perjalanan yang sangat menyenangkan dengan panorama yang luar biasa serta jalanan yang sangat mulus benar-benar serasa dimanjakan oleh alam

Kembali ke Surabaya
Agar tidak melewati jalur yang sama saya memilih lewat Banyuwangi-Jember-Surabaya. Saat melalui tanjakan di kawasan Gumitir, arus kendaraan sangat padat sehingga terasa kurang dapat menikmati alam yang sebenarnya tidak kalah mempesona..